Selasa, 07 Juli 2015

Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Definisi:
Manajemen sumber daya manusia (MSDM) adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secaraefisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal.
PRINSIP DASAR MSDM
MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin -dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dll.
Unsur MSDM adalah manusia.
Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasikinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen sumberdaya manusia melibatkan semua keputusan dan praktik manajemen yang memengaruhi secara langsung sumber daya manusianya

MACAM-MACAM SUMBER DAYA MANUSIA
Manusia sebagai sumber daya fisik
            Dengan energi yang tersimpan dalam ototnya, manusia dapat bekerja dalam berbagai bidang,antara lain :Bidang perindustrian, transportasi, perkebunan, perikanan, perhutanan, dan peternakan.
Manusia sebagai sumber daya mental.
            Kemampuan berpikir manusia merupakan suatu sumber daya alam yang sangat penting, karena berfikir merupakan landasan utama bagi kebudayaan.
            Manusia sebagai makhluk hidup berbudaya, mampu mengolah sumber daya alam untuk kepentingan hidupnya dan mampu mengubah keadaan sumber daya alam berkat kemajuan ilmu dan teknologinya.
            Oleh karena itu, manusia tidak dilihat hanya sebagai sumber energi, tapi yang terutama ialahsebagai sumber daya cipta (sumber daya mental) yang sangat penting bagi perkembangankebudayaan manusia
ž  Dalam melakukan perencanaan tenaga kerja kita perlu memperhatikan berbagai aspek
ž  Macam-macam kegiatan yang akan dilakukan pada masa mendatang.
ž  Jumlah dan mutu karyawan yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan itu.
ž  Rencana, mutasi, promosi dan pension karyawan.
ž  Perekrutan
ž  Definisi
            Rekrutmen merupakan suatu kegiatan untuk mencari sebanyak-banyaknya calon tenaga kerjayang sesuai dengan lowongan yang tersedia. Sumber-sumber dimana terdapatnya calon karyawan tersebut dapat diperoleh melalui macam-macam sumber, misalnya lembaga pendidikan, Departemen Tenaga Kerja, biro-biro konsultan, iklan di media massa dan tenagakerja dari dalam organisasi sendiri.

PRINSIP-PRINSIP REKRUTMEN
A). Mutu karyawan yang akan direkrut harus sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan untuk mendapatkan mutu yang sesuai. Untuk itu sebelumnya perlu dibuat :

  1. Analisis pekerjaan,
  2. Deskripsi pekerjaan, dan
  3. Spesifikasi pekerjaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar